Telepon Desa Online

0812 - 1212 - 6969

Telepon Desa Online

0838 - 7067 - 6667

Bupati Klaten Bareng Kapolres-Dandim Cek Pilkades di Desa Rawan Konflik

Bupati Klaten Sri Mulyani, Kapolres Klaten AKBP Warsono, dan Dandim 0723/ Klaten Letkol CZi Bambang Setyo Triwibowo mengecek pelaksanaan pilkades di Desa Karanganom, Kecamatan Klaten Utara. Desa tersebut sebelumnya dinyatakan masuk zona merah atau rawan konflik dalam pelaksanaan pilkades.


“Dari tahapan-tahapan sampai tadi malam saya melakukan pemantauan ke TPS-TPS atau desa-desa yang melaksanakan pilkades yang kemarin dizonakan kuning berjalan kondusif. Hari ini dilakukan pencoblosan juga berjalan dengan baik,” ungkap Sri Mulyani saat mengecek pencoblosan di Desa Karanganom, Kecamatan Klaten Utara, Rabu (5/7/2023) siang.

Sri Mulyani menjelaskan sejauh ini tidak ada temuan pelanggaran dari laporan daerah. Dinamika pilkades biasa terjadi di masyarakat tapi tidak ada yang krusial.

“Dinamika pilihan kepala desa secara langsung ya adalah, tapi tidak ada yang krusial dan membahayakan. Ada insiden tapi langsung bisa diselesaikan dengan baik (di Desa Wanglu, Kecamatan Trucuk),” imbuh Sri Mulyani.

Kapolres Klaten AKBP Warsono mengatakan secara umum coblosan berjalan aman dan lancar. Memang ada beberapa permasalahan tapi sudah bisa diselesaikan di tingkat panitia.

“Ada permasalahan sedikit tapi bisa diselesaikan di tingkat panitia. Sesuai arahan Dispermasdes memang jika ada masalah selesaikan di tingkat panitia,” kata Warsono saat mendampingi Bupati.

Rombongan Bupati, Kapolres, Dandim 0723/ Klaten Letkol CZi Bambang Setyo Triwibowo, ketua Pengadilan Negeri, Tuty Budhi Utami, Kajari dan Forkompimda sempat mengecek TPS. Setelah itu rombongan melanjutkan pengecekan ke Desa Barepan, Kecamatan Cawas.

Sebelumnya diberitakan, pilkades serentak tahap pertama tahun 2023 di 67 desa di Klaten digelar Rabu (5/7) besok. Dari 67 desa terdapat satu desa yang masuk zona merah atau rawan konflik.

“Ada satu desa zona merah, Desa Karanganom, Kecamatan Klaten Utara. Tapi ini dinamika terus berubah, sejauh ini aman,” ungkap Bupati Klaten, Sri Mulyani usai apel pergeseran pasukan di Mapolres Klaten, Selasa (4/7/2023) siang.

Menurut Sri Mulyani, dirinya bersama masyarakat Pilkades serentak tahap pertama tahun ini berjalan dengan aman. Kades yang terpilih diharapkan menjadi Kades yang amanah.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shopping Cart
Open chat
1
Scan the code
Hello 👋
Can we help you?